RAHASIA BISNIS ONLINE

Minggu, 12 Juni 2011

DVD rom cannot read DVD ?! di Kalibrasi aja!

Ini adalah pengalaman seorang teman yang DVD-R nya gak bisa dibaca komputernya.
Pertama coba pake CD yang lain dulu kalau sudah pakai DVD lain gak bisa padahal di DVD lain bisa kita berlanjut ke langkah selanjutnya.

Ada satu cara lagi yaitu dengan dengan melakukan TRIM (mungkin bahasa kerennya kalibrasi) tapi cara ini rumit bin merepotkan tapi kalu berhasil gak usah beli baru/ganti optik. caranya sebagai berikut (dengan catatan DVD masih dikenal oleh komputer):

- lepaskan DVD drive dari chasing komputer

- buka DVD drive dengan melepas baut pada bagian bawah

- cari letak OPTIK. biasanya pada bag. bawah optik terdapat sekeping kecil PCB yg ditanami beberapa komponen elektronika cari komponen yg bernama VR(Variable Resistor) atau biasa disebut TRIMPOT mungkin ini yg menyebabkan kegiatan ini sering disebut NGETRIM. kalau gak tau mana yg disebut VR/TRIMPOT bisa ditanyakan ke teman or tukang service elektronika.

- mengingat ukuran trimpot ini sangat kecil maka diperlukan obeng yg kecil pula (biasanya saya menggunakan obeng untuk reparasi jam tangan yg satu set itu)

- pengetriman dilakukan dengan cara memutar TRIMPOT tadi dengan pelan2 /sedikit demi sedikit (biasanya saya mulai dengan memutar searah jarum jam dengan catatan jam anda analog bukan digital kalau jam anda digital pinjam yg analog dulu ke teman/pacar/tetangga ayah juga bisa. lho2 koq jadi ngaco). kembali ke DVD. putaran ke kanan berarti memberikan arus lebih besar ke optik dg dugaan bahwa OPTIK melemah. putar sedikit jangan banyak2 kira 1 derajat karena bila terlalu banyak optik malah tidak fokus ketika membaca kepingan CD. setelah kira2 anda berhasil memutar sekian derajat coba hubungkan dengan komputer dan coba masukan kepingan CD untuk mencobanya(pastikan kepingan CD bisa dibaca di tempat lain). lakukan hal ini berulang sampai berhasil inilah sebabnya kenapa saya sebut kegiatan ini rumit bin merepotkan. setelah putaran kenan sampai mentok kok belum berhasil juga kini saatnya mutar kekiri atau kebalikan putaran arah jarum jam(analog).OK selamat mencoba dan jangan lupa untuk mengembalikan JAMnya bila selesai :)


Have a nice try


Mukhammad Anche | bangunlah lebih cepat ketika anda terjatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar